Jumat, 28 Januari 2011

Caranya gimana ya?

So, jadi mau coba Tatting? ^o^

Tatting ini menggunakan alat utama...errr...benang tentunya, dan alat imut bernama "shuttle".
Benang

Pada dasarnya semua benang bisa dipake, dengan syarat benangnya cukup kuat buat "ditarik-tarik", gak gampang putus, dan gak seret...karena nantinya, benang itu harus ditarik untuk menutup lingkaran.
Enaknya sih pake benang rajut bernomor 20-40. Sayangnya, di Indonesia, agak sulit untuk cari benang yang pas. Yang paling pas dengan syarat di atas, boleh dicoba pake benang DMC cotton perle no 8 atau benang crochet no 20 di Daiso. Tapi kalo bisa dapet benang Manuela 20 lebih baik lagi.
Merk laen juga ada tapi belum pernah ketemu di Indo, misalnya Coron atau Mercer Crochet. Lucky me, waktu itu sempet borong banyaaaak...:)

Shuttle

Shuttle ini kayaknya lebih bersifat "nampung" benang ya daripada sebagai "alat"...you'll see why. Karena shuttle ini fungsinya "cuma" untuk diisi benang, jadi benangnya rapi dan gak kemana-mana.

Bahannya macem-macem banget...mulai dari plastik, kayu, tulang, tempurung, porselen, gading...tapi yang paling murah ya dari plastik.






*benang kasur yang dililit-lilit di kertas karton bisa jadi alat eksperimen waktu baru mulai coba-coba...gak perlu pake benang dan shuttle beneran*


Tapi kalo udah ketagihan...jadinya gini nih ^_^


Lalu lalu lalu tekniknya ya! Teknik simpel yang sekali dikuasi, ratusan, bahkan ribuan pola bisa dibuat...simpel banget! Kita cuma perlu tau yang namanya "Double Stitch" begitu biasanya sebutannya.."DS DS"..begitu di pola nya.
Paling enak baca petunjuknya sambil liat gambar ya. Salah satu petunjuk yang kayaknya lumayan gampang diikutin kayaknya dari http://yarnplayertats.blogspot.com/. Pake bahasa Inggris, tapi gambarnya cukup jelas untuk diikutin. Di blog nya juga banyaaak banget hal-hal yang menarik. Inspiring! cobain aja ya:
1st half DS : 1sthalf dan 2nd half DS : 2ndhalf
Seru ya...jadi ambil benangnya...gulung-gulung...dan...selamat ber-kusut ria :)

7 komentar:

  1. Hello tatting, makasih ya kunjungannya. Tatting, jenis kerajinan menarik yang belum pernah saya coba. Kapan-kapan saya tulis tentang anda di blog saya ya

    www.pojok-utak-atik.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Tahniah atas usaha ini. Semoga berjaya menarik ramai pengikut dan meningkat bilangan tatter di nusantara ini, sama ada yang sudah lama dan ingin cuba kembali, maupun yang baru ingin belajar.

    BalasHapus
  3. blog ini kereeeeeen.... sy jd makin penasaran nih sama Tatting,
    ada rekomendasi tokokah untuk beli peralatannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi zuperdzigh..makasih, jadi nyemangatin saya buat update blog ini lagi :)

      Alat tatting emang rada jarang, mesti keluar masuk toko kerajinan nih. Apa lagi shuttle nya. kalo di bandung sih dah tau dimana, tapi kalo di kota lain...mm..nyerah deh :D

      Hapus
  4. Kl boleh tau toko alat2 tatting di bandumg dmn ya? Aku pakenya needle tatting, jadi selain benangnya aku jg kewalahan nyari jarum yg cocok :/

    BalasHapus
  5. Mbak... pernah nemu needle tatting gak di indonesia ? aku pengeen hihihi. makasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak Christine CHEN udah nemu needle tatting-nya?
      pengen juga saya :-D

      Hapus